Rabu, 16 Januari 2013

Mengenai CUE (STICK BILLIARD)

Ia berjumpa lagi,untuk kali ini saya ingin membahas mengenai "cue" atau orang biasa sebut stick billiard,untuk pemain kelas dunia maupun nasional cue mereka merupakan senjata pembunuh terampuh untuk membunuh lawan disetiap gamenya,begitu juga buat gua,di indonesia ada banyak ragam cue dari yg murah,menengah,dan mahal banget.ia pertama gua mau kasih tau apa aja nama" item yg terdapat dalam stick BL dan kegunaannya,yg gua bahas disini adalah stick sambung ya,


ini merupakan salah satu merk cue terkenal di indonesia,dan didunia bahkan,ia capcus langsung gua jelasin ya;

1. Yang pertama adalah SHAFT,merupakan sambungan atas di dalam cue,shaft ini terbuat dari kayu,biasanya bahan kayu yang baik untuk shaft adalah kayu maple canadian,dan ebony,selain dari kayu shaft juga ada yg terbuat dari karbon,tapi shaft dari karbon kalo menurut pengalaman gua,shaft dari karbon kurang bagus dan ga ada feelnya,pasti kalo pemain udah ngerti deh.dan shaft itu ngaruh bgt ke peforma dari stick yg dipakai,setiap shaft punya karakternya,dalam merk ternama didunia,shaft juga sudah ada teknologinya,yaitu LOW DEFLECTION,dimana berfungsi buat mengurangi daya kejut dan mengurangi efek lari bola karna putaran yg berlebihan.tapi ga semua shaft punya teknologi kaya gitu,biasanya cue dengan harga > RP.3.500.000 udah ada spek dan teknologi low deflectionnya.shaft juga terbagi dalam berbagai ukuran,ada yg 13mm,12,75mm,12,5mm,12,25mm.

2. Yang kedua adalah BUTT,merupakan sambungan bawah dalam butt,nah butt terbuat dari banyak jenis kayu nih,butt ini ngaruh banget ke yang namana POWER dalam pukulan yg kita lakukan dalam game,jadi walaupun shafnya udah bagus,tapi kalo buttnya ga mendukung,sama aja boong,buut yang bagus biasanya terbuat dari kayu RENGAS dan banyak lagi.terus motif yg ada di butt namanya INLAY,disetiap merk cue biasannya punya karakter inlay yg berbeda beda,makin rumit inlaynya biasanya makin mahal harganya dan makin sedikit produksinya,supaya LE(limited edition)

3.Yang ketiga adalah JOIN,berfungsi untuk menyatukan bagian shaft dan butt,JOIN ini banyak bgt jenis dan bentuknya,mulai dari JOIN UNILOCK(3-5 putaran),dan JOIN STANDART(10-15 putaran).

4.Yang keempat adalah TIP,yaitu yg ada di ujung shaft,fungsinga buat mukul bola,bagian cue yg mengenai bola adalah tip,tip yg bagus itu terbuat dari kulit babi,ini bener loh,ada merk mendunia yg memakai kulot babi pilihan buat dijadiin tip,dan emang bagus hasilnya,master tip yg bagus berbentuk oval,ga terlalu lonjong dan ga terlalu rata.

5. Yang kelima adalah FURRULE,yang berfungsi sebagai kedudukan tip,yang warnanya putih,furrule yg bagus dan yg bener" dipake kelas dunia biasanya terbuat dari gading gajah,tapi kebanyakan terbuat dari karbon,furrule biasanya mempengaruhi bgt buat balancenya pukulan saat cue digunakan

6. Yang keenam adalah GRIP,yaitu bagian pegangan dalam cue BL,ga semua cue ada gripnya tapi kebanyakan cue punya grip sendiri,grip yang bagus terbuat dari KULIT BUAYA,dan ada juga yg terbuat dari kulit biawak,dan buat yg ekonomisnya biasanya pake benang,atau ga pake kulit sintetis.

7.Yang ketujuh adalah PEMBERAT,kalo dibuka sebenernya didalem butt ada pemberat yg bisa distel sesuai selera pemain,tapi gabanyak orang yg tau,karna biasanya saat beli stick udah ada ukuran berat sendiri

nah udah pada tau kan sekarang fungsi dan kegunaan dari cue dan semua point"nya,ia sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar